Kembangkan Keterampilan Pengolahan Data, UKM Creative Minority Unimal Gelar Pelatihan SPSS

Avatar
Pelatihan pengenalan aplikasi pengolah data SPSS yang digelar oleh UKM-KSM Creative Minority Unimal di Gedung D-III Kesekretariatan Unimal, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe. Foto: Ist.

Lhokseumawe | Aliansi.ID – Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Mahasiswa (UKM-KSM) Creative Minority Universitas Malikussaleh (Unimal) sukses menggelar pelatihan pengenalan aplikasi pengolah data Statistical Program for Social Science (SPSS) untuk kalangan mahasiswa.

Pelatihan program aplikasi komputer untuk menganalisis data statistik ini berlangsung di Gedung D-III Kesekretariatan Unimal, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ketua Umum UKM-KSM Creative Minority M Ridzky Anugerah Harahap, mengatakan kegiatan pelatihan SPSS ini merupakan salah satu dari program utama UKM-KSM Creative Minority yang berfokus pada pengembangan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data penelitian.

Baca juga :  Penyidik Polda Aceh Rampungkan Kasus Korupsi RS Regional Aceh Tengah

“Program ini berkesinambungan dengan visi dan misi dari UKM-KSM Creative Minority yang berfokus pada bidang kepenulisan ilmiah,” ujarnya.

Lanjut Ridzky, pelatihan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian yang berfokus pada analisis data.

“UKM-KSM Creative Minority selalu menciptakan program yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan skill mereka baik dalam pengabdian atau penelitian, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan output yang baik untuk para peserta dalam melaksanakan proses penelitian di kemudian hari,” paparnya.

Baca juga :  PHR Regional Sumatera Ikuti Aksi Coastal Clean Up di Pantai Ie Meulee Sabang

Pelatihan SPSS yang mengusung tema “Understanding Basic Statistic With SPSS” ini menghadirkan narasumber Fahmy Azhari, yang merupakan analis perekonomian Kabupaten Bener Meriah yang sudah sering berkecimpung di dunia analisis data.

Sementara itu, Ketua Panitia pelatihan Hafis Al-Fikri, mengatakan bahwa pelatihan ini disampaikan oleh pemateri yang andal agar para mahasiswa bisa memahami isi materi dengan baik dan mampu untuk mengoperasikan aplikasi SPSS dengan benar.

Baca juga :  Kapolda Aceh Pimpin Upacara Sertijab Kabidkeu dan Tujuh Kapolres

“Kami membangun program ini dengan tujuan untuk membangun skill mahasiswa, oleh karena itu kami harap mahasiswa bisa memahami dengan baik ilmu baru yang diberikan oleh pemateri yang sudah andal dalam dunia analisis data,” ucapnya.

Pelatihan berlangsung selama 4 jam, 3 jam pertama dilakukan dengan pendalaman materi, dan 1 jam digunakan untuk pelatihan secara mandiri.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril