Inspeksi ke Perumda Air Minum Tirta Pase, Pj Bupati Apresiasi Perubahan Kinerja Manajemen Baru

Avatar
Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi saat melakukan inspeksi khusus ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Pase. For Aliansi.id

Lhoksukon | Aliansi.id – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi AP M.Si, melakukan inspeksi khusus ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Pase.

Inspeksi yang dilakukan pada Jumat (16/6/2023) akhir pekan lalu itu, guna mengawasi secara langsung kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh manajemen baru Perumda Tirta Pase. Sebagaimana diketahui, pejabat direksi baru perusahaan itu dilantik pada awal Mei 2023 lalu.

“Juga kita lakukan inspeksi terhadap kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas rutinitas mereka. Kita harapkan dengan telah adanya manajemen yang baru akan bisa membawa suasana baru di kalangan karyawan sehingga meningkatkan produktivitas kerja,” kata Azwardi, pada Rabu, 21 Juni 2023.

Kunjungan Azwardi saat itu disambut langsung oleh Direktur Utama Perumda Tirta Pase Imran ST, di ruang kerjanya. Pada kesempatan itu Azwardi melakukan serangkaian diskusi dengan karyawan beserta unsur manajemen yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi langsung terhadap perubahan yang sedang dilakukan.

Dari diskusi itu nantinya bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kondisi faktual terkait upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang memanfaatkan distribusi air bersih dari Perumda Tirta Pase.

Baca juga :  Pj Bupati Aceh Utara Kumpulkan Seluruh Kepala SKPK di Gunung Salak, Ada Apa?

Di samping itu, juga dilakukan diskusi dengan jajaran manajemen dalam rangka melihat efektivitas re-organisasi dalam penataan sistem kerja yang efisien dan produktif.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengapresiasi perubahan yang sedang dilakukan oleh manajemen baru Perumda Tirta Pase, karena selain mampu meningkatkan stabilitas beban perusahaan, juga telah menerapkan sistem yang sejalan dengan pola tata kelola perusahaan yang baik, yakni dengan disusunnya Standar Operasional dan Prosedur (SOP) di setiap bidang.

“Ini adalah perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sebagai pelayanan publik yang melayani suplai air bersih, tidak hanya di wilayah Kabupaten Aceh Utara, namun juga di sebagian Kota Lhokseumawe. Tentunya manajemen yang kuat akan sangat diharapkan dalam upaya pembenahan menyeluruh dan pengembangan sektor air bersih bagi masyarakat,” kata Azwardi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Perumda Tirta Pase Imran, menyebutkan inspeksi oleh Pj Bupati Aceh Utara tersebut sangatlah penting. Hal ini guna membuktikan bahwa upaya perubahan yang sedang dilakukan ini benar-benar menjadi perhatian Pemerintah Daerah sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda Tirta Pase.

Baca juga :  Hadirkan Layanan Prima Sektor Air Bersih, Perumda Tirta Pase Diganjar Anugerah Serambi Awards 2024

“Saat ini perubahan yang sedang dilakukan sangatlah komprehensif, dikarenakan pola pembenahan teknis dimulai dari hulu (sistem produksi dan distribusi) hingga ke hilir (yaitu sambungan pelanggan). Hal ini juga seiring dengan deteksi dini terhadap kendala teknis sistem jaringan serta perbaikan kebocoran sebagai penyebab kehilangan tekanan air ke pelanggan,” ungkap Imran.

Imran menambahkan bahwa pembenahan aspek teknis ini sangat penting untuk peningkatan mutu pelayanan. Beberapa lokasi yang selama ini kondisinya lemah dalam pendistribusian air, sekarang sudah mulai meningkat dengan adanya pembenahan teknis sistem produksi dan jaringan induk distribusi yang terbentang di beberapa titik Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang tersebar di 11 lokasi, yakni mulai dari Krueng Mane Kecamatan Muara Batu hingga ke Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Baca juga :  Kementerian Investasi/BKPM Gelar FGD Promosi Sektor Prioritas di Aceh Utara

“Saat ini kita juga sedang melakukan efisiensi di segala lini guna peningkatan pelayanan di tiga Kantor Cabang dan di 10 Kantor Unit Pelayanan guna mampu membiayai pembenahan aspek teknis. Produktivitas pelayanan yang dicapai tentunya akan memberikan iklim yang kondusif bagi keuangan perusahaan bila dikelola dengan tepat dan hal ini sudah mulai terbenahi,” jelasnya.

Pola pelayanan saat ini, kata dia, selalu ditekankan agar berpihak kepada kepuasan pelanggan atau responsif. Hal ini secara otomatis akan berdampak pula bagi entitas perusahaan, yaitu para karyawan yang mau bekerja optimal demi kemajuan perusahaan sesuai harapan Pemkab Aceh Utara.

Oleh karena itu, kata Imran, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan dan inspeksi oleh Pj Bupati Aceh Utara.

“Dari situ kita harapkan Perumda Air Minum Tirta Pase ini akan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi kedepan, serta memberikan pelayanan terbaik bagi segenap pelanggannya,” pungkasnya.

Editor : Amrizal Bayu
Sumber : Ril