Sosialisasi Beasiswa, Direktur LPDP dan PIC BPI Kemendikbud Sambangi Unimal

Avatar
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek menggelar sosialisasi beasiswa untuk mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe. Foto: Ist.

Lhokseumawe | Aliansi.IDLembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek menggelar sosialisasi beasiswa untuk mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe, pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Kegiatan sosialisasi beasiswa LPDP dan BPI ini dibuka langsung oleh Rektor Unimal Prof Herman Fithra.

“Ini momentum yang sangat baik bagi mahasiswa Unimal untuk bisa meraih beasiswa, sosialisasi yang dilakukan seperti ini akan membuat mahasiswa dan dosen akan lebih punya semangat tinggi untuk melanjutkan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri,” ungkap Rektor dalam sambutannya.

“Terlebih Pak Direktur Beasiswa LPDP dan PIC Beasiswa Pendidikan Indonesia hadir langsung di rumah kami. Ini merupakan kesempatan langka dan baru pertama kali digelar di Unimal,” sambungnya.

Baca juga :  GP Ansor Aceh Utara dan Lhokseumawe Gelar DTD Raya

Apalagi saat ini, kata Rektor, Unimal sedang memfasilitasi 15 dosen untuk mengikuti pelatihan bahasa yang akan melanjutkan jenjang Doktoral ke berbagai kampus terbaik dunia.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada Pak Dwi Larso, Bu Ratna Prabandari dan terima kasih karena sudah berkenan hadir ke Unimal,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi yang dibagi dalam dua sesi ini dipandu oleh Mantan Presiden Mahasiswa Unimal Zulfikar Mulieng SP MSi yang juga alumni LPDP.

Sesi pertama disampaikan oleh Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso, yang mengatakan bahwa kuota beasiswa LPDP setiap tahun terus bertambah.

“Kuota beasiswa LPDP setiap tahun bertambah, dan tahun depan LPDP akan menambah kuota lagi untuk penerima beasiswa di seluruh Indonesia, demi untuk menyekolahkan anak-anak terbaik bangsa untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” ungkapnya.

Baca juga :  Polda Aceh Tiadakan Tilang Manual saat Natal dan Tahun Baru 2024

“Saya sering memberikan istilah Gas Pol Rem Blong,” ujar Dwi Larso dalam presentasinya.

Sementara itu, PIC BPI Kemendikbudristek, Ratna Prabandari, mengatakan Unimal merupakan salah satu kampus yang berpeluang besar mendapatkan beasiswa ini.

“Unimal sebagai salah satu kampus di bawah naungan Kemendikbud mendapatkan peluang besar yang sama dengan kampus-kampus lain di Indonesia, baik mahasiswa dan dosennya untuk bisa meraih beasiswa terbaik di dalam dan luar negeri,” ucapnya.

Selanjutnya, dalam sesi kedua disampaikan sharing pengalaman dan diskusi bersama alumni LPDP asal Aceh yang tergabung dalam organisasi Mata Garuda (MG) Aceh.

Mata Garuda adalah organisasi tempat berhimpunnya seluruh alumni LPDP baik lulusan dalam maupun luar negeri.

Para alumni LPDP Aceh melakukan sharing pengalaman, diskusi dan berbagi trik bagaimana cara mendapatkan beasiswa LPDP dan BPI baik dalam dan luar negeri.

Baca juga :  Tingkatkan Kolaborasi, Field Manager PHE NSO Temui Danlanal dan Pj Wali Kota Lhokseumawe

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 200 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan alumni.

“Alhamdulillah acara ini bisa terselenggara berkat kerja sama antara MG Aceh dan Unimal Bidang Kemahasiswaan, Karier dan Alumni di bawah koordinasi Bapak Dr Alfian, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Warek dan jajarannya,” ujar Wildan Sani Rasyid Ketua MG Aceh.

“Kegiatan sosialisasi semacam ini akan terus kami lakukan di seluruh Aceh bersama teman-teman alumni. Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak sehingga kegiatan semacam ini bisa terus dilanjutkan di kampus-kampus lain seluruh Aceh. MG Aceh siap hadir dan berbagi,” pungkas alumni Monash University ini.

Penulis : Zulfikar
Editor : Amrizal Abe