PHR Regional Sumatera Ikuti Aksi Coastal Clean Up di Pantai Ie Meulee Sabang

Avatar
Kegiatan Coastal Clean Up (Bersih Pantai) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera di Pantai Ie Meulee, Kota Sabang. For Aliansi.id

Sabang | Aliansi.id – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh turut ambil bagian dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

Kegiatan Coastal Clean Up (Bersih Pantai) yang mengusung tema “Beat Plastic Pollution” digelar di pantai Ie Meulee, Kota Sabang, Provinsi Aceh, pada Sabtu, 11 Juni 2023.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PHR terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 133 titik lokasi oleh 31 perusahaan dan dikoordinir langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia 2023 ini dilaksanakan secara hybrid dan relay di seluruh wilayah Indonesia yang telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan Coastal Clean Up.

Tim PHR Regional Sumatera yang melaksanakan kegiatan bersih pantai di pantai Ie Meulee Sabang, disapa langsung oleh Kepala Badan Restorasi Mangrove & Gambut (BRGM) KLHK, Ir Hartono M.Sc, bersama Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga :  Danrem Lilawangsa Dampingi Kasdam Iskandar Muda dalam Penutupan Operasi Teritorial di Pidie

Sr Manager HSSE PHR Regional Sumatera 1, Harnanto Djamal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PHR Regional Sumatera mendapat amanah untuk melaksanakan kegiatan bersih pantai di wilayah kerjanya PHR Regional 1 Zona 1 yang berada dari wilayah Sumatera bagian utara hingga Jambi.

“Adapun jumlah peserta yang hadir mengikuti dalam kegiatan Coastal Clean Up 2023 kali ini adalah sebanyak 202 orang, dan berhasil mengumpulkan sampah dalam kegiatan bersih pantai kali ini adalah sebanyak 233,7 kilogram sampah organik, dan 227,9 kilogram sampah anorganik, dan dengan total keseluruhan sampah yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak besar 461,5 kilogram,” ungkap Harnanto.

Baca juga :  Tiba di Aceh, Presiden Jokowi Kunjungi Rumoh Geudong di Kabupaten Pidie

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Andri Nourman, yang mewakili Wali Kota Sabang, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PHR Regional Sumatera atas dipilihnya Kota Sabang sebagai tempat penyelenggaraan acara Coastal Clean Up dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2023 ini.

“Kota Sabang siap menjadi percontohan untuk pengelolaan kebersihan pantai, dimana telah terjalin sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup, tim Dinas Kebersihan Kota, bersama masyarakat dan komunitas lingkungan dalam yang ada di Sabang telah terjalin dengan baik dan untuk terus konsisten menjaga kebersihan pantai di Sabang. Apalagi di saat angin musim barat dimana banyak sekali sampah kiriman yang terdampar di Pantai Sabang,” tutur Andri.

Baca juga :  Rayakan HUT ke-22, Demokrat Ajak Kader Terus Bekerja Besarkan Demokrat di Aceh

Di akhir acara, PHR Regional Sumatera menyerahkan bantuan sebanyak 20 unit tempat sampah, dan seperangkat alat kebersihan kepada Geuchik Desa Ie Meulee. Bantuan ini merupakan bentuk partisipasi PHR untuk menjaga kebersihan area pantai Ie Meulee di Kota Sabang.

Editor : Amrizal Bayu
Sumber : Ril