Aceh, News  

Rumah Sakit TK II Iskandar Muda Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Avatar
Rumah Sakit TK II Iskandar Muda Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Foto: Ist.

Banda Aceh | Aliansi.IDRumah Sakit TK II Iskandar Muda (Kesdam) ikut menghadiri kegiatan Expo Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodam IM berpartisipasi menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya, yang diadakan di Lapangan Blang Padang pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Kaur Humas dan Marketing Rumah Sakit TK II Iskandar Muda, Erni Susilawati SKM menuturkan “Banyak warga yang berkumpul pada acara tersebut, kami manfaatkan momentum ini untuk mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis”.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dan peran Rumah Sakit TK II Iskandar Muda dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitarnya. Rumah Sakit TK II Iskandar Muda menyediakan fasilitas kesehatan gratis meliputi pemeriksaan pengukuran gula darah, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan komposisi tubuh (lemak dan massa otot).

Baca juga :  GP Ansor Aceh Utara dan Lhokseumawe Gelar DTD Raya

“Kami kembali hadir menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, tidak dipungut biaya apapun bagi seluruh warga yang berpartisipasi. Semoga Rumah Sakit TK II Iskandar Muda dapat terus menjalankan amanah sebagai fasilitas kesehatan yang dapat membangun masyarakat sehat dan produktif khususnya di wilayah Banda Aceh,” tuturnya.

Kata Erni, pemeriksaan kesehatan dasar secara rutin merupakan salah satu langkah preventif atau pencegahan dan penanganan lebih dini.

Dokter Umum Rumah Sakit TK II Iskandar Muda dr. Meily Rizkinta Putri yang bertugas dalam kegiatan ini menyampaikan “Pemeriksaan kesehatan dasar secara rutin penting dilakukan, seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah karena setiap orang memiliki risiko diabetes dan komposisi tubuh mengecek lemak dan massa tubuh, apakah seseorang termasuk obesitas atau overweight. Dengan harapan apabila terdeteksi suatu penyakit lebih awal, maka dapat dilakukan proses pengobatan serta penyembuhan berpeluang lebih cepat”.

Baca juga :  Ini Dia Nakes Teladan dan Gampong Berprestasi Peraih Penghargaan Pj Bupati Aceh Utara

Rumah Sakit TK II Iskandar Muda menerima peserta jaminan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang ingin menggunakan jaminan pemerintah untuk layanan berobat. Dalam hal ini, penerimaan pasien sesuai dengan sistem rujukan berjenjang berdasarkan ketentuan dari BPJS Kesehatan.

“Dengan hadirnya Rumah Sakit TK II Iskandar Muda memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis, kami berharap menambah semangat warga untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dasar secara rutin,” tuturnya.

Selaras dengan tujuan pemerintah yaitu pembangunan berkelanjutan, maka perlu didukung dengan kehidupan masyarakat yang sehat dan produktif. Rumah Sakit TK II Iskandar Muda hadir dan berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan paripurna, baik promotif dan preventif untuk terus menggerakkan masyarakat menjalankan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan dan pengobatan berkelanjutan.

Baca juga :  Danrem Lilawangsa Dampingi Pangdam IM Tutup TMMD ke-117 Kodim Aceh Timur

Masyarakat dapat mengakses media sosial Rumah Sakit TK II Iskandar Muda untuk informasi seputar kesehatan terkini. Rumah Sakit TK II Iskandar Muda juga memiliki layanan kesehatan unggulan lainnya seperti Medical Check Up, pemeriksaan ini sebagai skrining awal dan deteksi dini penyakit yang tidak disertai gejala.

Informasi lebih lanjut terkait layanan kami, masyarakat dapat menghubungi nomor telepon Rumah Sakit TK II Iskandar Muda 0651-24712 atau layanan WhatsApp 0853-6204-2962.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril