Open Turnamen Catur Percasi Cup 1 Pidie Jaya Selesai Digelar, Ini Daftar Juaranya

Avatar
Open Turnamen Catur PERCASI se Kabupaten Pidie Jaya di Warkop Aceh Kupi, Trienggadeng, Pidie Jaya. Foto: Ist.

Meureudu | Aliansi.ID – Pengurus Kabupaten Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengkab Percasi) Pidie Jaya menggelar Open Turnamen Catur se Kabupaten Pidie Jaya di di Warkop Aceh Kupi, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Turnamen catur yang memperebutkan Piala Percasi Cup 1 digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI).

Ketua Panitia Pelaksana Percasi Cup 1 Irfan, mengatakan turnamen itu diharapkan mampu melahirkan pecatur terbaru dan terbaik di Pidie Jaya.

Irfan menyebut open turnamen ini merupakan ajang silaturahmi bagi pecinta Catur di Pidie Jaya, di momen memeriahkan HUT ke-78 RI. “Catur merupakan salah satu olahraga dalam mengasah kemampuan otak, dengan bermain catur, otak kita jadi sehat,” ujarnya.

Baca juga :  Kapolda Aceh Cek Kapal Patroli Antareja 7007 BKO Baharkam Mabes Polri

Open turnamen catur tersebut, kata Irfan, diikuti 50 peserta dari berbagai usia, dari remaja sampai dewasa alias tidak ada kategori.

“Pertandingan yang kita laksanakan selama seharian dengan mempertandingkan sistem swiss 6 babak,” ungkapnya.

Kata Ketua Panitia lagi, turnamen ini memperebutkan total hadiah Rp 2.750.000. Para pemenang mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. Untuk Juara 1 mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 700 ribu dan Trofi, Juara 2 Rp 500 ribu dan Trofi dan Juara 3 Rp 350 ribu dan Trofi.

Selanjutnya, Juara 4 Rp 250 ribu dan Medali, Juara 5 Rp 200 ribu dan Medali. Sedangkan Juara 6 sampai dengan 10 masing-masing mendapatkan dana pembinaan Rp 150 ribu dan Medali.

Baca juga :  Kapolda Aceh Pastikan Personel Siap untuk Amankan TPS

Sementara itu, Ketua Harian Percasi Pidie Jaya Muslim Adam S.Sos bersama Ketua Umum Sulaiman Ismail di sela-sela acara kepada media ini acara mengatakan turnamen ini dilaksanakan selain untuk memeriahkan HUT ke-78 RI, juga untuk mencari bibit baru atlet catur di Pidie Jaya.

“Selain berpartisipasi memeriahkan Kemerdekaan RI ke-78, juga sebagai ajang seleksi atlet guna mengikuti Kejuaraan Daerah serta sebagai ajang uji kemampuan atlet-atlet Pidie Jaya dalam menghadapi PORA 2023 mendatang melalui turnamen ini,” kata Muslim yang juga Anggota DPRK Pidie Jaya.

Baca juga :  Kapolda Aceh Terima Berbagai Keluhan Masyarakat Jelang Ramadan

Rencananya, lanjut Muslim, kegiatan seperti ini akan semakin intens dilaksanakan dan menjadi agenda rutin Pengkab Percasi Pidie Jaya. “Harapan besarnya Pidie Jaya mampu menghasilkan bibit unggul, agar nanti jika diturunkan dalam kompetisi mewakili Pidie Jaya bisa meraih hasil yang maksimal,” tutup Politisi Partai NasDem ini.

Daftar Juara Open Turnamen Catur Percasi Pidie Jaya:
1. Amiruddin (Panteraja)
2. Nazaruddin (Trienggadeng)
3. Martunis (Trienggadeng)
4. M Syahril (Panteraja)
5. T Rafli Saputra (Trienggadeng)
6. Zakaria S (Meureudu)
7. Ahmad Ibrahim (Polres Pidie Jaya)
8. Hasan Basri (Bandar Baru)
9. Abdurrahman (Panteraja)
10. Zakaria (Bandar Baru)

Editor : Amrizal Abe