Kejar Mimpi Lhokseumawe By CIMB Niaga Edukasi Anak Sekolah di Pulau Banyak

Avatar
Sosialisasi Pencegahan Bullying atau perundungan terhadap Anak oleh Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe yang diikuti siswa SMP Negeri 1 Pulau Banyak, Aceh Singkil. Foto: Ist.

Aceh Singkil | Aliansi.ID – Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe By CIMB Niaga menggelar kegiatan volunteer (relawan) pengabdian masyarakat bidang pendidikan di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, pada 13 sampai dengan 19 Agustus 2023.

Kegiatan bertajuk “Batandang To Pulau Banyak” itu mengusung implementasi poin ke-2 dan ke-8 dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Leader Kejar Mimpi Lhokseumawe Renol, menyampaikan harapan agar kegiatan itu mampu meningkatkan daya ekowisata demi meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, bertumbuhnya ekonomi baru, dan menurunnya angka kelaparan.

Program pengabdian ini, lanjut Renol, mengusung tema “Sustainable Ecotourism For Pursuit of a Sustainable Dream” yang mendeklarasikan 2 tujuan utama SDGs yaitu “Zero Hunger” dan “Decent Work and Economic Growth“.

Kegiatan volunteer tersebut diadakan di tiga sekolah yang ada di Pulau Banyak, seperti SD, SMP, hingga SMA.

Pada hari pertama, para peserta kegiatan pengabdian mengadakan sosialisasi kepada puluhan siswa di SDN 1 Pulau Baguk yang terdiri dari kelas empat hingga kelas enam. Sosialisasi tersebut mengusung tema “Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak-anak”.

Baca juga :  PT PIM Pastikan Stok Pupuk Aman untuk Musim Tanam Awal 2024

“Adik-adik semua, ada tiga anggota tubuh kita yang tidak boleh sembarangan disentuh oleh orang lain selain orang tua dan dokter apabila kita sedang sakit. Tiga anggota tubuh tersebut adalah mulut, bagian dada, dan kemaluan kita. Kita harus waspada dan hati-hati apabila ada orang asing yang ingin menyentuh bagian tersebut,” ungkap Lanma, pemateri pada hari itu.

Selain itu, kegiatan yang tak kalah seru adalah bagian “Tuliskan Cita-citamu” dimana para murid SDN 1 Pulau Baguk yang mengikuti kegiatan tersebut diminta untuk menuliskan apa cita-citanya setelah dewasa nanti. Kegiatan hari pertama volunteer berlangsung sukses dengan antusias para murid yang luar biasa.

Hari kedua berlangsung di SMPN 1 Pulau Banyak. Tak berbeda dengan kegiatan di SDN 1 Pulau Baguk, kegiatan sosialisasi juga diadakan dengan tema yang berbeda sesuai tingkatan dan permasalahan yang tengah dihadapi oleh para remaja. Tema sosialisasi di hari kedua adalah “Stop Bullying” yang dibawakan oleh Hidayat.

Baca juga :  Usai Diperiksa Penyidik, Abu Laot Resmi Ditahan di Rutan Polda Aceh

Dalam sosialisasi tersebut, Hidayat memaparkan beberapa alasan untuk tidak melakukan bullying atau Perundungan. Salah satunya adalah memberikan dampak yang sangat buruk bagi korban bullying yang seketika akan merasa enggan bersosialisasi dengan lingkungannya dan menjadi pribadi yang tertutup. Selain itu juga, bullying dapat menyebabkan gangguan masalah mental hingga kepada depresi.

Sedangkan sosialisasi kedua dibawakan oleh Renol, Leader Kejar Mimpi Lhokseumawe. Dalam kesempatan tersebut, Renol memberikan beberapa arahan tentang pentingnya mimpi dan mewujudkan cita-cita kita. Salah satunya adalah dengan tidak menyerah pada kekurangan finansial yang sering menjadi penghambat utama dalam meraih cita-cita.

Kondisi finansial, menurut Renol, sudah bukan menjadi salah satu alasan kita untuk tidak mengejar mimpi apalagi sekarang beasiswa sudah banyak dan mudah didapatkan meski bukan termasuk siswa berprestasi.

Baca juga :  Meriahkan Perayaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, PT PIM Gelar Kegiatan Promotif dan Edukatif

Hari terakhir sosialisasi diadakan di SMAN 1 Pulau Banyak yang dibawakan oleh tiga pemateri dengan tema yang berbeda-beda. Tema pertama “Waspada HIV/AIDS: Spread Awareness Not Ignorance” yang dibawakan oleh Yanis, tema kedua yang berjudul “Love Yourself” dibawakan oleh Tri Indriani dan tema terakhir oleh Aldi “Career Preparation”.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung lancar dengan semangat dan antusias para pesertanya. Setelah kegiatan sosialisasi berakhir, para peserta volunteer mengeksplor keindahan Pulau Banyak yang menyimpan keindahan-keindahan dan pesona dunia Aceh.

Pulau Banyak sendiri merupakan sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dengan luas wilayah secara keseluruhan 27,196 Hektare.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril