Peduli Risiko DM, Akademisi Unimal Lakukan Pemeriksaan Gula Darah Siswa di SMAN 1 Bireuen

Avatar
Akademisi Universitas Malikussaleh (Unimal) melaksanakan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Bireuen. Foto: Ist.

Bireuen | Aliansi.ID – Akademisi Universitas Malikussaleh (Unimal) melaksanakan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Bireuen, pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Pengabdian masyarakat dengan tema “Peningkatan Kualitas Kesehatan SDM Melalui Pemeriksaan Kesehatan Gratis” itu dilakukan oleh dua akademisi Unimal, yakni Devi Andriyani SP MSi dan Dr Yuziani.

Kegiatan ini berfokus pada pengecekan kadar gula darah untuk siswa sebagai upaya dini pencegahan Diabetes Mellitus (DM) atau yang dikenal dengan kencing manis/penyakit gula yang merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Baca juga :  Unimal Teken Kerja Sama dengan Jasa Raharja, Ini Tujuannya

Ketua pelaksana kegiatan Devi Andriyani, mengatakan jumlah penderita DM tipe 1 di Indonesia mencapai 41,8 ribu orang pada tahun 2022. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak di ASEAN, serta peringkat ke-34 dari 204 negara di skala global.

“Penderita DM tipe 1 ini biasanya ada dikalangan remaja dan usia produktif, Tingginya jumlah Penderita DM di usia muda ini tentunya akan berdampak terhadap penurunan kualitas dan produktivitas SDM Indonesia di masa depan,” ungkapnya.

Baca juga :  Anggota DPRA Tantawi Berbagi Tips Sukses Dihadapan Wisudawan Unimal

“Dan hal ini akan memperburuk kondisi ketenagakerjaan Indonesia, karenanya perlu upaya dan kepedulian untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satunya dengan pengecekan kadar gula darah secara rutin,” sambung Devi.

Lebih lanjut, kata dia, civitas akademika Unimal akan terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk perbaikan dan peningkatan kondisi masyarakat.

Sementara itu, Yuziani menyampaikan kegiatan yang diikuti 33 siswa dari SMA Negeri 1 Bireuen tersebut berjalan lancar.

Baca juga :  Akademisi Unimal Latih Aparatur Gampong Penyusunan Kebijakan Publik

“Hasil pemeriksaan terdeteksi ada 2 siswa memiliki kadar gula darah tinggi dan 5 siswa mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah, sedangkan lainnya normal,” terangnya.

Guru SMA Negeri 1 Bireuen Auriza Satria Putri SPd menyampaikan apresiasi. “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian civitas akademika Unimal terhadap kondisi kesehatan masyarakat khususnya siswa-siswi kami”. []

Editor : Amrizal Abe