“Daebak!” Ada Perusahaan Korea Selatan Investasi di Aceh Tengah dan Bener Meriah

Avatar
Perusahaan asal Korea Selatan saat berkunjung ke Aceh Tengah dan Bener Meriah. Foto: Ist.

Takengon | Aliansi.ID – Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yang bergerak di bidang Food Supply Chain (distributor bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya) menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Perusahaan asal negeri ginseng itu tertarik berinvestasi di bidang penanaman sayuran premium untuk memenuhi pasokan sayuran di negaranya yang belakangan ini tidak lagi mampu dipenuhi dengan hanya mengandalkan produksi dalam negeri.

Bukti keseriusan mereka ditandai dengan kegiatan pembagian bibit unggul secara gratis kepada sekitar seratus petani di Bener Meriah, Sabtu, 23 September 2023. Hal yang sama juga telah dilakukan di Aceh Tengah beberapa hari sebelumnya.

Baca juga :  Januari 2024, Polda Aceh Berhasil Ungkap 46 Kasus Narkotika

“Bibit sayuran premium seperti Cabe Merah dan Sawi Kuning yang dibagikan tersebut didatangkan langsung dari Seoul,” kata Munawar Khalil, pengusaha muda asal Aceh yang memfasilitasi kegiatan tersebut.

Kata dia, perusahaan Korsel itu ingin melakukan uji coba varietas sayuran dari negaranya.

“Apakah cocok dengan kondisi lahan dan iklim di daerah kita. Bila cocok, maka akan dibudidayakan disini, namun jika tidak cocok maka akan dilakukan pembinaan kepada petani kita agar varietas lokal bisa ditingkatkan produksinya dan memenuhi standar yang mereka inginkan,” ungkap Munawar.

Baca juga :  Unimal Teken Kerja Sama dengan Jasa Raharja, Ini Tujuannya

Kunjungan perusahaan Korsel ini, kata dia, merupakan hasil dari kunjungan sebelumnya ke Aceh Tengah dan Bener Meriah serta beberapa daerah lainnya di Aceh. Lalu mereka mengirim sampel bibit untuk di distribusikan ke para petani. Direncanakan bulan depan mereka akan balik lagi ke Aceh untuk melihat hasilnya.

“Harapan kita ini bisa berhasil. Kelak kita berharap sayuran dari para petani Aceh bisa memenuhi rak-rak Supermarket di Korea,” ujar Munawar yang selama ini aktif membantu mempromosikan berbagai peluang investasi di Aceh kepada para investor luar negeri.

Baca juga :  26.470 Paket Komoditi Murah di Bhayangkara Fest Habis Terjual

Lanjutnya, kerja sama dengan investor asal Korsel tersebut bukan kali ini saja. Sebelumnya mereka juga telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian Kopi dan Cerutu dari Takengon, yang saat ini terus berjalan.

“Kita berharap dukungan dari semua pihak, khususnya para petani dan juga pemerintah setempat agar usaha ini bisa berhasil dan sukses,” pungkasnya.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril