Aceh, News  

15 Calon Komisioner Panwaslih Zona II Aceh Tidak Ikut CAT, Psikotes 3 Juli 2023, Ini Wajib Dibawa

Avatar
Ketua Timsel Panwaslih Zona II Provinsi Aceh, Hadi Iskandar SH MH. Foto: Ist.

Takengon | Aliansi.ID – 15 peserta calon anggota Panwaslih (Komisioner) Kabupaten/Kota Zona II Provinsi Aceh tidak mengikuti ujian CAT (Computer Assisted Test) yang dilaksanakan di Kantor Regional XIII BKN Aceh dan Poltekkes Aceh pada tanggal 26-27 Juni 2023 lalu.

Ke-15 calon Komisioner Panwaslih itu dinyatakan gugur sehingga tidak bisa melanjutkan ke tahapan Tes Psikologi (Psikotes) yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juli 2023 mendatang.

Ketua Timsel Panwaslih Zona II Aceh Hadi Iskandar, mengatakan sebanyak 321 Calon Panwaslih Kabupaten/Kota di Zona II Provinsi Aceh telah mengikuti kegiatan seleksi tes tertulis dengan metode CAT.

Baca juga :  Rumah Sakit TK II Iskandar Muda Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Pada kegiatan tersebut, terdapat 15 Peserta tidak mengikuti seleksi tes tertulis CAT,” kata Hadi kepada media ini, Sabtu pagi, 1 Juli 2023.

Berdasarkan ketentuan, kata dia, Tes Tertulis tersebut dilaksanakan satu rangkaian dengan Tes Psikologi. Peserta yang berhak mengikuti Tes Psikologi adalah peserta yang dinyatakan lulus penelitian administrasi dan telah mengikuti Tes Tertulis sebagaimana ditetapkan dalam berita acara penetapan hasil penelitian administrasi.

“Bagi 15 orang yang telah lulus administrasi namun tidak mengikuti tes tertulis, maka tidak dibenarkan mengikuti tes psikologi yang rencana akan dilaksanakan tanggal 3 dan 4 Juli 2023, sehingga peserta tersebut dianggap gugur atau mengundurkan diri,” jelas Hadi.

Baca juga :  Kaesang Pangarep ‘Ngopi Santuy’ di Aceh, Satgas OMB Seulawah Lakukan Pengamanan

Lebih lanjut, Hadi menyampaikan, peserta yang akan mengikuti tes psikologi nanti diharapkan dapat mempersiapkan diri agar memperoleh nilai maksimal.

Tes Psikologi, sambungnya, merupakan rangkaian tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan analisis, ketepatan mengambil keputusan, pemecahan masalah, kemampuan menghadapi tekanan, kemampuan bekerjasama serta manajerial dan kepemimpinan. Hasil Tes Psikologi dalam bentuk nilai dan deskripsi hasil yang menunjukkan profil psikologi calon.

“Muatan materi Tes Psikologi, terdiri dari: Intelegensi, Sikap kerja, dan Kepribadian,” sebutnya.

Tes Psikologi diselenggarakan oleh Polda Aceh, pada tanggal 3 Juli 2023. Peserta tes diminta untuk membawa pensil 2B dan penghapus.

Baca juga :  Timsel Panwaslih Zona II Aceh Umumkan Calon Komisioner Lulus Tes Tulis dan Psikologi

“Jam 7 peserta sudah berada di lokasi, kegiatan tes dibagi atas dua sesi, untuk lokasi dan sesi akan disampaikan selanjutnya menunggu konfirmasi dari Polda Aceh,” terangnya.

Adapun peserta yang tidak mengikuti seleksi tulis, yaitu Aceh Tengah dari 62 Peserta 2 orang tidak hadir, Aceh Utara dari 103 peserta 4 orang tidak hadir, Lhokseumawe 42 Peserta yang tidak hadir 5 orang, Bireuen dari 41 peserta yang tidak hadir 3 orang, Aceh barat dari 32 peserta yang tidak hadir 1 orang. Sementara dari Bener meriah hadir semua nya.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril