Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Perbaikan Jalan Alue Beukah-Keude Seumirah Sepanjang 3,4 Kilometer

Avatar
For Aliansi.id

Lhoksukon | Aliansi.id – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi AP, MSi, bersama sejumlah pejabat terkait meninjau progres kegiatan perbaikan jalan Simpang 4 Alue Beukah-Keude Seumirah Kecamatan Nisam Antara.

Pembangunan jalan sepanjang 3,4 Kilometer di pedalaman Aceh Utara tersebut telah dimulai beberapa waktu lalu, direncanakan selesai pengerjaannya pada Agustus 2023.

“Alhamdulillah saat ini progres fisiknya sudah mencapai 24,7 persen, dan realisasi keuangannya sudah 20 persen,” ungkap Pj Bupati Azwardi, didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Aceh Utara Ir Jaffar ST, MSM.

Peninjauan dilakukan pada Rabu, 7 Juni 2023, untuk melihat langsung progres pembangunan jalan tersebut. Pj Bupati hendak memastikan bahwa pembangunan jalan ini tidak ada kendala di lapangan, dan diharapkan dapat selesai sesuai jadwal, sehingga secepatnya dapat digunakan oleh masyarakat setempat untuk prasarana transportasi.

Baca juga :  63 Calon Inovator dari Pemkab Aceh Utara Ikuti Bimtek, Ini Tujuannya

“Kami yakin jalan ini sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di sini, tentu nantinya akan memudahkan masyarakat untuk mengangkut hasil alam, terutama hasil kebun, sehingga dapat memberikan kelancaran dalam perputaran ekonomi lokal,” kata Azwardi.

Sebagaimana diketahui, kawasan Kecamatan Nisam Antara merupakan salah satu kecamatan pedalaman yang menyimpan potensi ekonomi dari sektor perkebunan, seperti pinang, sawit, karet, durian dan rambutan. Bahkan juga menyimpan potensi wisata yang sedang tumbuh dan berkembang, di antaranya di kawasan Gunung Salak.

Baca juga :  Tekan Angka Stunting di Kecamatan Dewantara, PT PIM Kolaborasi Program dengan Puskesmas

Diharapkan jika prasarana jalan sudah bagus, dipastikan akan memberikan efek ganda terhadap perbaikan kesejahteraan masyarakat di sana.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Aceh Utara Ir Jaffar ST, MSM, mengatakan bahwa pekerjaan jalan Simpang 4 Alue Beukah-Keude Seumirah merupakan penanganan long segment yang meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan peningkatan/rekonstruksi.

Pembangunan jalan ini dikerjakan oleh rekanan CV. Keysant Mustika dengan nilai kontrak Rp 10,6 miliar, bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca juga :  Ini Dia Nakes Teladan dan Gampong Berprestasi Peraih Penghargaan Pj Bupati Aceh Utara

Jalan sepanjang 3,4 kilometer ini dibangun dengan lebar 4,5 meter, dan direncanakan selesai pada Agustus 2023. Progres fisik per 8 Juni 2023 sudah mencapai 24,7 persen, diharapkan penyelesaiannya dapat dilakukan sesuai dengan jadwal.

Dalam peninjauan jalan itu, ikut serta Asisten I Setdakab Dayan Albar S.Sos, MAP, Kepala Dinas Perhubungan Fauzan S.Sos, MAP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin M.Pd, Kepala Dinas Dukcapil Safrizal SSTP, MAP, dan Camat Nisam Antara Azhar ST.

Editor : Amrizal Bayu
Sumber : Ril