Aceh, News  

Pj Sekda Aceh Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama

Avatar
Penjabat Sekda Aceh, Azwardi, didampingi Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto dan Kakankemenag Aceh menyambut Jemaah Haji Kloter Pertama asal Kabupaten Aceh Besar dan Kota Sabang. Foto: infopublik.id

Banda Aceh | Aliansi.ID – Kloter pertama jemaah haji embarkasi Aceh yang berjumlah 393 jemaah, tiba di tanah air setelah menempuh perjalanan udara selama 7 jam, dari Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, pada Rabu, 10 Juli 2024.

Kloter 1 (BTJ-01) terdiri atas jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Sabang.

Pj Sekda Aceh, Azwardi, mewakili Pj Gubernur turut menyambut para jemaah haji bersama Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Aula Jeddah.

Saat membacakan sambutan Gubernur Aceh, Azwardi mengimbau para jemaah haji yang baru tiba untuk menjadikan pengalaman spiritual selama di Tanah Suci sebagai motivasi untuk terus berbuat kebaikan dan menjauhi segala bentuk kemaksiatan.

Atas nama Pemerintah Aceh, dia mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air kepada seluruh jemaah haji Aceh, khususnya yang tergabung dalam Kloter BTJ-01.

Baca juga :  Mellani Subarni Dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Aceh

Diharapkan kepulangan jemaah haji membawa berkah bagi keluarga, masyarakat, dan daerah tercinta. Dia pun mengajak semua bersatu padu membangun Aceh yang lebih baik, lebih sejahtera dan lebih religius.

“Hari ini adalah hari yang penuh berkah dan kebahagiaan bagi kita semua, khususnya bagi para Jemaah haji yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji dengan baik. Perjalanan suci yang telah ditempuh selama di Tanah Suci merupakan pengalaman spiritual yang luar biasa dan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan,” ungkap Azwardi.

Azwardi menambahkan ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang pelaksanaannya membutuhkan kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan fisik serta mental yang kuat.

“Alhamdulillah, Bapak/Ibu telah berhasil menunaikan ibadah ini dengan baik. Semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan diterima oleh Allah dan Bapak/Ibu sekalian menjadi haji yang mabrur karena kemabruran adalah dambaan setiap orang yang menunaikan ibadah haji,” kata Azwardi.

Baca juga :  PRIMA DMI Jadi Delegasi Peserta OIC Culture Activity 2023 di Jakarta dan Kaltim

Azwardi menjelaskan, Pemerintah Aceh bersama Kementerian Agama Aceh berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji, mulai dari persiapan keberangkatan, selama di Tanah Suci hingga kembali ke tanah air.

“Kami menyadari bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam pelayanan ini. Masukan dan saran dari para Jemaah sangat kami harapkan agar ke depan, pelayanan haji dapat semakin baik dan memuaskan,” jelasnya.

Kini tiba saatnya para Jemaah kembali berkumpul dengan keluarga dan masyarakat. “Kami berharap, sepulangnya dari Tanah Suci, para jemaah dapat menjadi teladan dalam menjalankan nilai-nilai keislaman dan turut serta dalam membangun masyarakat yang lebih baik, damai dan sejahtera,” imbau Azwardi.

Baca juga :  Januari 2024, Polda Aceh Berhasil Ungkap 46 Kasus Narkotika

Pada kesempatan tersebut, Azwardi juga mengapresiasi semua pihak yang telah berperan serta dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Sebagaimana diketahui pada musim haji tahun 2024 ini, Aceh mendapat kuota sebanyak 4.710 jemaah dan petugas yang terbagi dalam 12 kloter. Tahun ini, sebanyak 11 jemaah dan seorang petugas haji Aceh meninggal dunia di Tanah Suci Makkah.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan jemaah haji kloter 1 memberikan sumbangan sebesar 4.605 Riyal dan Rp21,8 juta, yang dikumpulkan dari para jemaah haji kloter 1, untuk pembangunan Masjid Al Mabrur yang berada di kompleks Asrama Haji Aceh. []

Editor : Redaksi
Sumber : infopublik.id