Sambangi Pirak Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Tekankan Pentingnya Posyandu

Avatar
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh Ny Ayu Marzuki saat menyambangi gampong Ulee Blang, kecamatan Pirak Timur, kabupaten Aceh Utara. Foto: Ist.

Lhoksukon | Aliansi.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh Ayu Chandra Febiola Nazuar atau Ny Ayu Marzuki menyambangi gampong Ulee Blang, kecamatan Pirak Timur, kabupaten Aceh Utara, Selasa, 26 September 2023.

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka pembinaan dan penilaian Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar).

Dalam kunjungan itu, Ayu Marzuki turut didampingi oleh sejumlah pejabat SKPA dan pengurus TP-PKK Provinsi Aceh. Hadir juga Penjabat Bupati Aceh Utara Mahyuzar beserta Ketua TP-PKK Aceh Utara Ny Awirdalina Mahyuzar.

Ketua TP-PKK Aceh Ayu Marzuki dalam sambutannya berharap program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) harus tetap berjalan.

Baca juga :  Rumah Sakit Arun Lhokseumawe Raih Akreditasi Paripurna dari LAFKI

“PKK jalan, Posyandu jalan. Pasti ibu dan anak–anak akan sehat. Tidak boleh berhenti. Karena ada anggarannya dari pemerintah,” kata Ayu, istri Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Menurut Ayu, PKK gampong merupakan mitra pemerintah. Alokasi dana untuk kegiatan PKK disediakan khusus sesuai dengan peruntukannya. Termasuk untuk bidang kesehatan sebesar 10 persen dari total anggaran gampong. Anggaran itu dapat dipakai untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) anak. “Jadi tidak boleh nggak aktif PKK,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ayu juga sempat menyinggung keanehan jika pengurus PKK tidak dilibatkan dalam Musrembang gampong.

Baca juga :  Lulus Seleksi, Ini Dia 15 Nama Calon Anggota Badan Baitul Mal Aceh Utara

“PKK selama ini kalau kita cek di mana-mana kok nggak ada dilibatkan dalam Musrembang,” ungkap Ayu Marzuki, sembari menambahkan bagaimana Posyandu mau aktif bila tidak di support anggaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis PMPPKB Aceh Utara Fahkruradhi, Camat Pirak Timur Zikhrullah dan Kabag Humas Muslem Araly, Geuchik gampong Ulee Blang Zulkifli dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan kunjungan itu juga diisi dengan pengobatan gratis bagi masyarakat setempat yang melibatkan tim dokter spesialis kandungan, anak, THT dan dokter umum, dari Provinsi Aceh. Pada kesempatan itu Ayu Marzuki sempat berdialog dengan masyarakat yang ingin berobat.

Baca juga :  Berkat Prestasi Pramuka, Cut Syarifah Rahmi akan Melawat ke Negaranya Cristiano Ronaldo

Seusai pertemuan dengan ibu-ibu PKK gampong Ulee Blang, Ketua PKK Aceh Ayu Marzuki ditemani tim PKK Aceh, menyerahkan bantuan kebutuhan PKK dan perlengkapan Posyandu.

Selain itu diserahkan juga ada bantuan 600 butir telur dari Dinas Peternakan Aceh dan bantuan 400 bibit pohon pinang dari Dinas Perkebunan Aceh.

Sebelum meninggalkan gampong Ulee Blang, Ayu menyempatkan untuk mendatangi rumah sehat untuk melihat langsung layanan kesehatan di sana.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril