Tekan Angka Stunting di Kecamatan Dewantara, PT PIM Kolaborasi Program dengan Puskesmas

Avatar
PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan fasilitas sanitasi mandi cuci kakus (MCK) bagi masyarakat lingkungan perusahaan. Foto: Ist.

Aceh Utara | Aliansi.IDPT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan fasilitas sanitasi mandi cuci kakus (MCK) bagi masyarakat gampong Lancang Barat, kecamatan Dewantara, kabupaten Aceh Utara pada Rabu, 1 November 2023.

Bantuan MCK dari PT PIM untuk program stunting ini berjumlah 10 unit yang diperuntukkan bagi keluarga yang termasuk dalam kategori penderita stunting di kecamatan Dewantara berdasarkan data yang diterima dari Puskesmas setempat.

Bantuan fasilitas MCK tersebut diserahkan secara simbolis kepada salah satu orang tua dari anak dengan kondisi stunting, yakni Bukhari, warga Gampong Lancang Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Manajemen PT PIM, Camat Dewantara Nawafil Mahyuda, Kepala Puskesmas Dewantara, para geuchik lingkungan perusahaan, kader desa serta masyarakat sekitar.

VP Humas PT PIM Zulhadi, menerangkan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar khususnya Aceh Utara dengan harapan MCK tersebut dapat dimanfaatkan oleh penerima dan dapat dirawat dengan baik agar bisa digunakan berkelanjutan.

Baca juga :  PT PIM Serahkan Bantuan Dua Unit RSS untuk Warga Lingkungan

Penyerahan fasilitas MCK tersebut, kata dia, dilakukan PT PIM dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan angka stunting.

“Bantuan MCK merupakan upaya kita dalam memberikan sanitasi layak untuk masyarakat supaya terjaga kesehatannya, sehingga bisa mendukung salah satu keluarga penerima manfaat keluar dari data penderita stunting dalam beberapa bulan ke depan sesuai target program,” ungkapnya dalam rilis media.

Lanjutnya, tidak hanya bantuan MCK, PT PIM dalam pelaksanaan program bekerja dengan Puskesmas Dewantara untuk merealisasi skema pelaksanaan program yang dijalankan baik dengan instansi pendidikan, yaitu sosialisasi terhadap siswa-siswi di beberapa sekolah dalam kecamatan Dewantara.

Pihaknya, kata Zulhadi, juga melakukan sosialisasi bagi kader-kader desa yang menangani masalah stunting dan juga bagi ibu hamil terkait pentingnya pencegahan stunting sejak dini dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin dari awal kehamilan.

Baca juga :  Aryos Nivada dan Agustiar Pimpin AMSI Aceh Periode 2023-2027

PT PIM, lanjutnya, juga bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dalam memberikan sosialisasi bagi pengantin baru dan pengantin muda.

“Yang sangat penting adalah memberikan bantuan makanan gizi seimbang berbahan pangan lokal selama tiga bulan untuk balita,” ucapnya.

Sementara itu, Geuchik Gampong Lancang Barat, Kamaruzzaman, mewakili Geuchik lainnya mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT PIM dan Pemkab Aceh Utara yang telah peduli kepada masyarakat terutama bantuan-bantuan dalam dukungan pelaksanaan program pencegahan stunting.

Dalam kesempatan yang sama, Kapus Dewantara, Weldi Junaidi, mengharapkan PT PIM kedepannya banyak lagi program yang dijalankan di bidang kesehatan dan membantu masyarakat di Dewantara untuk menekan angka stunting dengan skema program yang bisa disinergikan dengan instansi kesehatan.

Baca juga :  Rumah Seorang Nenek di Langkahan Ludes Terbakar, Dinas Sosial Aceh Utara Salurkan Bantuan

“Agar masyarakat bisa benar-benar merasa manfaat dari program yang dijalankan, salah satunya adalah seperti bantuan yang diserahkan hari ini, ini sangat membantu masyarakat dalam hal MCK yang layak. Ke depan mungkin bisa di pertimbangkan pelaksanaannya bidang sanitasi air bersih dan layak untuk konsumsi,” ungkapnya.

Seperti diberitakan beberapa waktu yang lalu, PT PIM melalui unit tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) telah merealisasikan program bidang kesehatan yang dinamakan Aku Sehat (AKSA) yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar perusahaan, salah satu sub programnya adalah program pencegahan stunting. []

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril