Abu Manan Blang Jruen Resmikan Dayah Madinatuddiniyah Nurul Hikmah Lhoksukon dan SMP IT Madinah Aceh

Avatar
Peresmian Dayah Madinatuddiniyah Nurul Hikmah Lhoksukon dan SMP IT Madinah Aceh. Foto: Ist.

Lhoksukon | Aliansi.ID – Ketua MPU Aceh Utara Tgk H Abdul Manan yang akrab disapa Abu Manan Blang Jruen meresmikan Dayah Madinatuddiniyah Nurul Hikmah, Gampong Grong Grong, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga ikut diresmikan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Madinah Aceh yang berlokasi di dalam komplek dayah yang dipimpin oleh Tgk Asbari M Ali, alumni Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Bladeh Bireuen, pimpinan almarhum Teungku Muhammad Amin atau Abu Tumin.

Baca juga :  Unimal Teken Kerja Sama dengan Jasa Raharja, Ini Tujuannya

Abu Manan melakukan prosesi peusijuek (tepung tawar) kepada pembina dayah dan sekolah Tgk Mawardi M, pimpinan dayah Tgk Asbari M Ali, kepala sekolah SMPIT Madinah Aceh dan dilanjutkan dengan peusijuek bangunan sekolah.

“Pada hari yang penuh berkah ini, Dayah Madinatuddiniyah Nurul Hikmah Lhoksukon dan SMP Islam Terpadu Madinah Aceh telah diresmikan,” ucap Abu Manan disambut ucapan syukur para hadirin.

Sebelumnya, pembina Dayah Madinatuddiniyah Nurul Hikmah, Tgk Mawardi M dalam sambutannya menyampaikan bahwa lembaga pendidikan yang tersebut ditujukan sebagai wadah menuntut ilmu agama dan umum bagi masyarakat sekitar.

Baca juga :  Kapolda Aceh Terima Audiensi Kepala BWS Sumatera I, Bahas Progres Waduk Keureuto

Lebih lanjut, Tgk Mawardi M atau yang akrab disapa Teungku Adek ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara yang telah menerbitkan izin operasional SMPIT Madinah Aceh.

“Pendirian SMP IT Madinah Aceh ini merupakan perpaduan pendidikan agama yang telah dirintis di dayah dengan pendidikan umum untuk menjawab tuntutan zaman,” ucap Anggota DPRA dari Partai Aceh ini.

Baca juga :  Pj Sekda Aceh Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama

Turut hadir dalam peresmian dayah dan sekolah Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Maiyusri, Anggota DPRK Aceh Utara Muktar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara yang diwakili Aziz, pengawas sekolah Fakri, perwakilan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara, Kepala Sekolah Pembina SMP Negeri 4 Lhoksukon, tokoh masyarakat, tokoh agama, wali santri/siswa serta ratusan tamu undangan. []

Penulis : Moertadha
Editor : Redaksi