Aceh, News  

Ini Nama-Nama Calon Anggota Panwaslih Zona II Aceh yang Lulus Tes Kesehatan dan Wawancara

Avatar
Ketua Timsel Panwaslih Zona II Provinsi Aceh, Hadi Iskandar SH MH. Foto: Ist.

Takengon | Aliansi.ID – Tim Seleksi Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota Zona II Provinsi Aceh mengumumkan nama-nama peserta yang lulus Tes Kesehatan dan Tes Wawancara. Calon Komisioner ini selanjutnya akan mengikuti Fit and Proper Test atau Uji Kepatutan dan Kelayakan.

Zona II Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat dan Kota Lhokseumawe.

Setelah sempat ditunda, pengumuman yang sedianya keluar pada Selasa, 25 Juli 2023 diperpanjang menjadi Senin, 31 Juli 2023. Penundaan itu disampaikan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) dalam surat bernomor 520/KP.01.00/K1/07/2023 tentang Perpanjangan Pengumuman Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara.

Baca juga :  Timsel Panwaslih Zona III Aceh Umumkan Calon Komisioner Lulus Tes CAT dan Psikologi

Dalam surat tersebut, Bawaslu menyebut perpanjangan waktu Pengumuman Lulus Tes Kesehatan dan Wawancara dilakukan karena masih dilakukannya proses reviu hasil tes kesehatan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se Indonesia.

Ketua Timsel Panwaslih Zona II Aceh, Hadi Iskandar SH MH, menyampaikan bahwa nama-nama yang tertera dalam pengumuman tersebut merupakan peserta yang lulus Tes Kesehatan dan Tes Wawancara.

“Semua nilai di input di Media Rekrutmen Bawaslu RI,” sebut Hadi dalam keterangan media, Selasa pagi, 1 Agustus 2023.

Baca juga :  Timsel Terima Tanggapan Masyarakat Terhadap Calon Komisioner Panwaslih Zona II Aceh

Hadi mengatakan, Timsel akan menyerahkan ke Bawaslu nama-nama calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sejumlah 2 (dua) kali kebutuhan Anggota Panwaslih Kabupaten/Kota.

“Selanjutnya diserahkan ke Bawaslu berdasarkan peringkat 6 atau 10 besar,” jelasnya.

“Kemudian Bawaslu akan melakukan fit and proper test untuk memilih 3 atau 5 Komisioner dan 3 atau 5 Cadangan,” sambung Hadi.

Lanjut Hadi, untuk waktu pelaksanaan Uji Kepatutan dan Kelayakan akan disampaikan kembali setelah didapat kepastian tempat.

Baca juga :  Masa Pendaftaran Calon Anggota Panwaslih Zona III Aceh Resmi Ditutup, Hanya Bertambah Enam Orang

“Untuk waktu dan sesi akan diberitahukan kemudian,” ujar Akademisi Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh ini.

Hadi juga menyampaikan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan tertulis terhadap calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota yang ditujukan kepada ketua Bawaslu.

“Identitas pelapor akan dirahasiakan,” tuturnya.

Terakhir, Hadi menambahkan, Komisioner Panwaslih Kabupaten/Kota terpilih nantinya akan dilantik Bawaslu RI.

Nama-nama Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota Zona II Provinsi Aceh yang lulus Tes Kesehatan dan Tes Wawancara : Unduh Disini

Kabupaten Aceh Utara

 

Kota Lhokseumawe
Penulis : Amrizal Abe
Editor : Redaksi