BMA Gelar Pelatihan Strategi Implementasi Program Responsif Anak Berbasis Pemberdayaan Keluarga

Avatar
Baitul Mal Aceh (BMA) menggelar pelatihan perencanaan dan strategi implementasi program responsif anak berbasis pemberdayaan keluarga sukses di Banda Aceh. Foto: Ist.

Banda Aceh | Aliansi.IDBaitul Mal Aceh (BMA) menggelar pelatihan perencanaan dan strategi implementasi program responsif anak berbasis pemberdayaan keluarga sukses di SEI Hotel, Banda Aceh, 9-10 Oktober 2023.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh sekitar 35 peserta dari perwakilan Baitul Mal Kabupaten (BMK) se Aceh dan unsur BMA.

Kepala Baitul Mal Aceh yang diwakili Khairina, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengatasi masalah di Baitul Mal terkait kebutuhan pelatihan SDM yang berfokus pada ke-amil-an.

Hingga saat ini, kata dia, keahlian dalam kompetensi masih menjadi permasalahan yang besar. Salah satu aspek yang perlu diperbaiki adalah mengubah SDM Baitul Mal menjadi perencana yang baik, baik itu dalam program, monitoring, dan pendampingan.

Baca juga :  PHR Regional Sumatera Ikuti Aksi Coastal Clean Up di Pantai Ie Meulee Sabang

“Tujuan kita melakukan kegiatan pelatihan ini sebenarnya ada masalah di Baitul Mal bahwa secara SDM kita perlu pelatihan yang menjurus ke ke-amil-an. Bagaimana hari ini ketika kita bicara kompetensi saja, itu masih menjadi PR besar. Salah satu nya adalah bagaimana SDM Baitul Mal bisa kita bekali nantinya menjadi perencana-perencana yang baik, perencana di dalam program, perencana untuk monitoring, perencana untuk pendampingan, dan itu yang hari ini kita lakukan,” paparnya.

Baca juga :  Polisi kembali Terima Satu Pucuk Senjata Api Rakitan dari Masyarakat

Selanjutnya, Direktur Yayasan Aceh Hijau, Syarifah Marlina, menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk memastikan dana yang ada di Baitul Mal dapat disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan dengan cara yang memberdayakan. Hal ini bertujuan agar mustahik tidak hanya sekali menerima bantuan, tetapi juga dibantu untuk meningkatkan kelas sosialnya.

“Harapan kita adalah, bagaimana panduan ini bisa menjembatani agar dana yang ada di Baitul Mal dapat disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan namun dengan cara-cara yang yang memberdayakan dan memastikan bahwa agar mustahik ini tidak hanya menerima sekali bantuan atau dukungan,” bebernya.

Baca juga :  Meriahkan HUT ke-78 TNI, Korem 011 Lilawangsa Gelar Tenis Lapangan Danrem Cup

“Karena kita mengetahui dan menyadari sepenuhnya cita-cita besar dari Baitul Mal ini bukanlah hanya mendistribusikan anggaran, program dan bantuan, tetapi cita-cita akhirnya adalah bagaimana mustahik ini naik kelas, naik kelas dari mustahik menjadi muzakki. Ketika itu terjadi, itulah sebenarnya yang menjadi idealnya ataupun puncak keberhasilan Baitul Mal,” sambung Syarifah.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber konsultan pemberdayaan masyarakat Sigit Iko Sugondo yang memaparkan materi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam merencanakan dan mengimplementasikan program responsif anak secara efektif.

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril