Aceh, News  

Anak Yatim di Aceh Jaya Terima Bantuan Sponsorship dari Islamic Relief Indonesia

Avatar
Islamic Relief Indonesia menyalurkan rekening tabungan khusus untuk anak yatim dan keluarga yatim di Kabupaten Aceh Jaya bertempat di aula kantor Camat Indra Jaya. Foto: Ist.

Calang | Aliansi.IDIslamic Relief Indonesia menyalurkan rekening tabungan khusus untuk anak yatim dan keluarga yatim dalam wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Penyaluran ini berlangsung di aula kantor Camat Indra Jaya, pada Kamis, 4 Juli 2024.

Penyaluran tabungan ini merupakan kerja sama Islamic Relief Indonesia dengan Dinas Sosial Aceh Jaya sebagai bentuk komitmen bersama dalam melaksanakan kegiatan amal.

Koordinator Child Welfare and Protection Islamic Relief Indonesia, Yusrizal Puteh, menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya untuk meringankan kerentanan anak yatim pasca Tsunami 2004 di Aceh.

Islamic Relief Indonesia melalui Orphan Sponsorship Program (OSP) terus berkomitmen dan berupaya meningkatkan jumlah anak yatim yang mendapatkan sponsor melalui dukungan donor dari berbagai negara.

“Hari ini, Islamic Relief Indonesia bersama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyalurkan rekening tabungan kepada 12 anak yatim dan keluarga yatim di Kabupaten Aceh Jaya,” kata Yusrizal kepada media ini, Jumat (5/7/2024).

Baca juga :  Konsultasi Publik Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak di Aceh Hasilkan Sembilan Rekomendasi

Program OSP ini, kata Yusrizal, sangat terbantu oleh komitmen yang telah terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Bank Aceh Cabang Calang.

“Kerja sama ini memastikan program OSP dapat berjalan dengan maksimal dan amanah di masa depan,” ujarnya.

Di Kabupaten Aceh Jaya, lanjut Yusrizal, Program OSP Islamic Relief Indonesia ini terus bekerja menjangkau anak yatim dari keluarga rentan yang berada di kecamatan, diantaranya Pasie Raya, Teunom, Panga, Krueng Sabee, Jaya, Indra Jaya, Sampoiniet dan Darul Hikmah.

“Tentunya dalam proses pendataan serta pemantauannya dilakukan bersama TKSK dari masing-masing kecamatan,” terangnya.

Lebih lanjut, dia menyebut, program OSP Islamic Relief tidak hanya dilakukan di Kabupaten Aceh Jaya, tetapi juga mencakup anak-anak yatim dari keluarga rentan di Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Barat, dan Kota Banda Aceh.

Baca juga :  GP Ansor Aceh Utara dan Lhokseumawe Gelar DTD Raya

“Di luar provinsi Aceh, program ini juga membantu anak-anak yatim di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Sigi dan Kota Palu di Sulawesi Tengah serta Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat,” beber Yusrizal.

Adapun total anak yatim yang mendapatkan dukungan sponsor dari Program OSP saat ini mencapai 1,767 anak, yang tersebar; 956 di NTB, 138 di Sulawesi Tengah, 58 di Jawa Barat dan 599 anak yatim dan 13 keluarga yatim di Aceh, dan tentunya akan terus ditingkatkan, seiring adanya dukungan dari donor dari luar dan dalam negeri.

Dukungan dari program OSP Islamic Relief ini, berupa dana yang disalurkan melalui mekanisme transfer bank, yakni melalui Bank Aceh Cabang Calang pertiga bulan. Dana tersebut diterima oleh anak yatim dan keluarganya mencapai Rp1.500.000 dan pertahun sebesar Rp.6.000.000.

Baca juga :  Kadis Sosial Aceh: Kemensos RI Akan Gelar Hari Lanjut Usia Nasional di Aceh Utara

Dana ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak yatim dalam hal pendidikan, kesehatan dan juga kebutuhan dasar lainnya.

Guna menyukseskan program OSP ini, Islamic Relief Indonesia bekerja sama dengan TKSK Dinas Sosial dalam penerapan dan pemantauan program, Bank Aceh Cabang Calang sebagai perbankan penyaluran dana sponsorship tersebut dan Pemerintah Aceh Jaya untuk koordinasi.

Kegiatan penyaluran rekening tabungan untuk anak yatim di Aceh Jaya ini merupakan salah satu bentuk nyata dari perhatian Islamic Relief Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, terhadap kesejahteraan anak-anak di daerahnya.

Diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam memperbaiki kualitas hidup anak-anak yatim dan memberikan mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan yang cerah. []

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril