Dinas Sosial Aceh Utara Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Angin Puting Beliung

Avatar
Kabid Banjamsos Dinas Sosial PPPA Aceh Utara Cut Ernalita S.Sos, mewakili Kadis Sosial menyerahkan bantuan masa panik untuk korban angin puting beliung di Gampong Trieng Cot Girek. Foto: Ist.

Lhoksukon | Aliansi.ID – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Aceh Utara menyalurkan bantuan masa panik kepada korban musibah angin puting beliung di kecamatan Cot Girek, Lhoksukon, Langkahan, dan Baktiya, pada Rabu pagi, 19 Juli 2023.

Anging puting beliung disertai hujan deras yang terjadi pada Selasa sore, 18 Juli 2023 sekitar pukul 16.00 WIB itu mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bangunan milik warga. Selain merusak rumah, angin puting beliung juga mengakibatkan kerusakan 1 unit warung serta kubah bangunan masjid di Cot Girek.

Di kecamatan Cot Girek, dua desa terdampak, yaitu Gampong Trieng dan Lhok Reuhat dengan 21 KK (keluarga) terdampak. Di kecamatan Lhoksukon dua desa terdampak, yaitu Gampong Kumbang LT dan Glumpang LT dengan keluarga terdampak 3 KK.

Baca juga :  Polisi Ungkap Tiga Kasus Narkoba di Aceh Utara, Bekuk Lima Tersangka Sita 2,2 Kilogram Sabu

Sementara di Langkahan, desa terdampak yaitu Gampong Seureuke 1 KK. Sedangkan di kecamatan Baktiya 1 KK terdampak di Gampong Rambong Dalam.

Kepala Dinas Sosial PPPA Aceh Utara Fuad Mukhtar S.Sos MSM, menyampaikan bahwa penyaluran bantuan masa panik itu bertujuan meringankan beban keluarga yang sedang ditimpa musibah.

“Setelah mendapat laporan dari Camat, arahan dari Pak Pj Bupati, Tim Dinas Sosial langsung turun menyalurkan bantuan masa panik di empat kecamatan,” ungkap Fuad pada Rabu sore, (19/7/2023).

Baca juga :  Polisi Tangkap Tiga Tersangka Pengedar Ganja di Lhokseumawe, Dua Diantaranya Suami Istri

Tadi malam, kata Fuad, Dinas Sosial juga telah menyalurkan bantuan sementara dari Lumbung Sosial Kecamatan Cot Girek.

“Bantuan yang disalurkan tadi diantaranya berupa beras, makanan siap saji, makanan anak, minyak goreng, air mineral, sarden, sambal, kecap, kasur, family kit, kebutuhan sandang bayi,” sebutnya.

Lebih lanjut, Fuad mengatakan bahwa dalam kejadian tersebut tidak menyebabkan terjadinya korban jiwa. Sementara kerugian harta benda yang sudah dihitung, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga :  Dinas Sosial Aceh Utara Salurkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung dan Korban Tenggelam

Secara terpisah, Camat Cot Girek Kamaruddin KS S.STP, menyampaikan terima kasih atas respon cepat Dinas Sosial Aceh Utara.

“Alhamdulillah pagi hari ini telah kami terima dan sudah disalurkan bantuan masa panik lanjutan dari Bapak Pj Bupati Aceh Utara melalui Dinas Sosial kepada para korban musibah angin puting beliung di kecamatan Cot Girek,” ungkap Camat.

“Kami mewakili masyarakat yang tertimpa musibah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Pj Bupati Aceh Utara dan pak Kadis Sosial Fuad Mukhtar,” pungkas Camat.

Penulis : Muhibbul Murtadha
Editor : Amrizal Abe