Islamic Relief Indonesia Tebar 1.750 Paket Daging Kurban di Aceh Utara

Avatar
Relawan Islamic Relief Indonesia melakukan pendistribusian paket daging kurban Program Qurbani tahun 2024 di Aceh Utara. Foto: Ist.

Lhoksukon | Aliansi.ID – Lembaga amal Islamic Relief Indonesia mendistribusikan paket daging kurban kepada 1.750 keluarga di Kabupaten Aceh Utara, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Area Coordinator Islamic Relief Indonesia perwakilan Aceh, Yusrizal Puteh, mengatakan pada tahun 2024, Islamic Relief Indonesia menyalurkan 25 ekor sapi kurban di Kabupaten Aceh Utara, yaitu di Tanah Jambo Aye sejumlah 15 ekor sapi dan di Tanah Pasir 10 ekor sapi.

Daging sapi kurban yang telah dikemas dalam wadah ramah lingkungan itu kemudian disalurkan kepada 1.750 penerima manfaat program Qurbani tahun 2024 di Aceh Utara yang tersebar di 2 kecamatan tersebut.

Baca juga :  Operasi Patuh Seulawah 2023 Digelar 10-23 Juli, Ini Surat yang Harus Dibawa Saat Berkendara

“Totalnya 1.750 keluarga, dengan rincian 1.050 di kecamatan Tanah Jambo Aye dan 700 di kecamatan Tanah Pasir,” ujarnya kepada media ini, Kamis (20/6/2024).

Yusrizal mengatakan, program ini didanai oleh cabang-cabang Islamic Relief dari berbagai negara di Eropa, Amerika, dan Afrika, yang dikoordinasikan melalui Islamic Relief Worldwide.

“Penyaluran daging kurban ini bertujuan untuk menjangkau sekitar 1.750 keluarga kurang mampu di Aceh Utara, termasuk rumah tangga yang dikepalai oleh perempuan, keluarga dengan ibu hamil atau menyusui, keluarga dengan anggota yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas), dan lansia,” ungkapnya.

Baca juga :  Anak Yatim di Aceh Jaya Terima Bantuan Sponsorship dari Islamic Relief Indonesia

Kandungan nutrisi daging kurban, lanjut Yusrizal, kaya akan protein dan gizi diharapkan dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan dalam masyarakat.

“Pelaksanaan program Qurbani oleh Islamic Relief menerapkan standar syariah dan kesehatan yang ketat, mencakup semua aspek mulai dari persiapan, pemilihan penerima hak, pengemasan yang higienis, distribusi, dan pemantauan,” sambungnya.

Yusrizal menyampaikan apresiasi kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, lembaga masyarakat dan relawan atas dukungannya dalam pelaksanaan kurban.

Baca juga :  Islamic Relief Indonesia Alokasikan 50 Ekor Sapi Kurban untuk Aceh

Di Aceh Utara, kata dia, biaya penyembelihan didukung oleh Pemkab Aceh Utara melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

“Upaya kolaboratif ini bertujuan untuk menciptakan efek ganda, menjadikan Iduladha tahun ini lebih bermakna dan membangun masyarakat yang bertakwa, solid, sinergis, dan kohesif,” pungkasnya. []

Editor : Redaksi
Sumber : Ril