Aceh, News  

Puluhan Anak Yatim Terima Tabungan Orphan Sponsorship Program dari Islamic Relief Indonesia

Avatar
Islamic Relief Indonesia menyalurkan rekening tabungan kepada puluhan anak yatim dari kota Banda Aceh dan kabupaten Aceh Besar di Aula Dinas Sosial Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh. Foto: Ist.

Banda Aceh | Aliansi.ID – Yayasan Islamic Relief Indonesia menyalurkan rekening tabungan kepada puluhan anak yatim dari kota Banda Aceh dan kabupaten Aceh Besar. Kegiatan penyaluran ini berlangsung di Aula Dinas Sosial Provinsi Aceh, Banda Aceh, pada Selasa, 4 Juni 2024.

Penyaluran rekening tabungan ini diperuntukkan bagi anak yatim yang baru mendapat sponsor pada kuartal pertama tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh Dr Muslem ikut melakukan penyerahan secara langsung kepada anak yatim penerima tabungan.

Child Welfare and Protection Coordinator Islamic Relief Indonesia, Yusrizal Puteh, mengatakan program Islamic Relief ini berawal dari tekad untuk meringankan kerentanan anak yatim pasca Tsunami 2004 di Aceh.

Melalui Orphan Sponsorship Program (OSP) atau program sponsor anak yatim, kata dia, Islamic Relief Indonesia terus berupaya meningkatkan jumlah anak yatim yang disponsori dengan dukungan donor dari berbagai negara.

Baca juga :  Pj Bupati Aceh Jaya Audiensi dengan BKM Masjid Agung Baitul Izzah Calang

Yusrizal menambahkan, program ini merupakan komitmen Islamic Relief untuk mendukung pendidikan, kesehatan, dan pembiayaan anak-anak yatim di Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen Islamic Relief untuk mendukung pendidikan, kesehatan, dan meringankan biaya hidup anak-anak yatim di Provinsi Aceh, khususnya di Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Aceh Barat, melalui Orphan Sponsorship Program,” ungkap Yusrizal.

Program OSP Islamic Relief Indonesia, lanjutnya, terus berupaya menjangkau anak yatim dari keluarga rentan di setiap kecamatan dalam wilayah kerja Islamic Relief Indonesia di Aceh.

Tidak hanya itu, Yusrizal menyebutkan, Program OSP Islamic Relief ini juga menyasar anak yatim dari keluarga rentan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Cianjur di Jawa Barat.

Baca juga :  BADKO HMI Aceh Kirimkan Surat Terbuka kepada Presiden RI, Ini Poinnya

Saat ini, Program OSP Islamic Relief Indonesia telah menyasar 1.755 anak yatim di beberapa provinsi di Indonesia, yaitu 958 anak di NTB, 140 anak di Sulawesi Tengah, 58 anak di Jawa Barat, dan 599 anak di Aceh.

“Jumlah ini akan terus ditingkatkan seiring dengan bertambahnya dukungan dari para donor,” ujarnya.

Di Aceh, kata dia, dukungan Program OSP Islamic Relief diberikan dalam bentuk dana yang disalurkan melalui Bank Aceh Syariah setiap tiga bulan sekali.

Setiap anak yatim dan keluarganya menerima dana sebesar Rp1.500.000 per tahun, dengan total mencapai Rp6.000.000 untuk membiayai kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Baca juga :  Operasi Mantap Brata Seulawah, 52.751 Personel Siap Amankan 16.046 TPS

Program OSP ini, tambahnya, dijalankan oleh Islamic Relief Indonesia bekerja sama dengan Dinas Sosial Aceh, melibatkan peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di seluruh kecamatan dan Bank Aceh sebagai penyalur dana sponsorship.

“Program OSP Islamic Relief Indonesia sangat terbantu dengan komitmen Pemerintah Aceh dan Bank Aceh Cabang Calang untuk mendukung program ini secara maksimal dan amanah kedepannya,” harapnya.

Yusrizal menyampaikan harapannya bahwa dengan dukungan donor dari seluruh dunia, Islamic Relief Indonesia akan semakin banyak menjangkau anak yatim dari keluarga rentan di seluruh pelosok Aceh demi mencapai kesejahteraan dan perlindungan bagi anak-anak. []

Editor : Amrizal Abe
Sumber : Ril